Home » » ILMU KUNCI KEBAHAGIAN

ILMU KUNCI KEBAHAGIAN

Saydina Selian | 15.21 | 0 comments

Rasulullah SAW pernah menyampaikan kepada Abu Dzar al-Ghifari, “ Hai Abu Dzar, jika engkau pergi lalu mempelajari satu ayat dari kitab Allah adalah lebih baik bagimu daripada sholat seratus rokaat. Jika kamu pergi lalu mempelajari satu bab ilmu yang dapat diamalkan adalah lebih baik bagimu dibandingkan dengan kamu sholat seribu rokaat”.

                Ilmu merupakan jendela dunia ? Benar, sebab  untuk sukses  di dunia denga ilmu bahkan, untuk mendapatkan kebahagian akherat juga dengan ilmu.
                Ilmu sebagai jendela dunia, karena dengan ilmu  manusia mampu memahami tanda-tanda dari Ilahi dan memahami tujuan hidupnya. Dengan ilmu dia mampu menyikapi setiap permasalahan dengan baik dan benar, sehingga bisa mendapat apa diinginkannya. Dengan ilmu, dia bisa hidup berbahagia dan mampu hidup dimana saja.
                Ilmu adalah jendela dunia. Adapun tuntunan dan proses menuju kepada ilmu adalah dengan melalui belajar, baik dengan cara membaca, mendengar ataupun menganalisa ayat-ayat Qur’aniyah yang tertuangan  di dalam kitab Al-Qur’an  maupun ayat-ayat kauniyah yag terhampar pada dunia ini..............>>>>
                Dengan belajar, manusia akan menjadi lebih baik, lebih cerdas, bijaksana, dan adil. Dia mampu untuk menjadikan hidupnya lebih bermanfaat, tidak terjebak pada kesalahan dan kegagalan  yang sama dan lebih penting dari itu semua. Menigkatnya ketaatan kepada Allah.

SETIAP WAKTU
                Setiap seorang muslim, belajar adalah proses tanpa henti yang dapat dilakukan di setiap ruang dan waktu. Seorang muslim diharapkan memegang kunci peting untuk membuka jendela dunia sekaligus  kebahagian akherat.
                Dengan kunci berupa ilmu itulah dia akan mampu memikul amanah Allah menjadi hamba dan kholifah-Nya sekaligus dapat meraih apa yag dicita-citakan berupa kebahagian hidup dunia maupun akherat.
                Tidak ada lagi rasa malas dan rendah motivasi dalam belajar bagi setiap muslim, karena dia memahami betapa pentingnya posisi ilmu bagi dirinya dan sebuah kewajiban yang mutlak karena sebagai kunci yang membuka kesuksesan hidup dunia maupun akherat.

MOTIVASI BELAJAR
                Pemahaman Islam mengenai ilmu dan belajar sangatlah berorentasi pada motivasi internal. Ini berangkat dari beberapa ayat dan hadits, di antaranya adalah
"bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan"

Dan “ Tuntutlah ilmu mulai dari buaian ibu sampai ke liang lahat”.
Pemahaman ini kemudian disajikan konsep untuk mengiatka belajar seumur hidup ( Long Life Education ) 

Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Mengapa  seorang muslim mau belajar seumur hidup ? karena belajar itu termasuk ibadah da jihad serta sebagai sarana untuk bisa melakukan pengabdian kepada Allah secara baik dan benar.
Jadi, belajar harus kita lakukan seumur hidup, dan sama sekali bukan untuk sekedar mencari sebuah pekerjaan.
 
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSAN KAMIL - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger