Home » » Infobesitas, Penyakit Remaja Tahun 2010

Infobesitas, Penyakit Remaja Tahun 2010

Unknown | 08.45 | 2comments
Takut ketinggalan informasi dan khawatir dikucilkan, membuat remaja jadi sakit. Tetapi infobesitas, kebanyakan informasi, menjadikan remaja stres.
Bukan kelebihan lemak di badan atau nama klub sepakbola Turki, Besiktas. Tapi ini adalah sebuah penyakit jenis baru. Bisa dibilang juga trend baru.
Saat ini terdapat keluhan dari orang yang dihinggapi kelebihan informasi dan takut ketinggalan berita ini: badan letih, kurang tidur, konsentrasi terganggu. Namanya, infobesitas. Diagnosa dokter menyebutkan bahwa: orang ini takut ketinggalan berita dan takut tidak punya teman.
Penyakit ini muncul sejalan dengan perkembangan teknologi, teristimewa internet. Remaja mencari sendiri luapan informasi yang ditawarkan di internet. Itu terbukti dari tingginya akun di Facebook, Hyves, Twitter  dan jaringan pertemanan lainnya yang jumlahnya berjuta-juta.

Remaja banyak menghabiskan waktu di depan monitor internet dan mengirim SMS yang banyak, bahkan sampai puluhan sehari. Internet sudah menjadi bagian hidup mereka.

Stres

Ditambah lagi dengan HP yang dilengkapi sarana internet, sehingga sudah tidak mungkin lagi lepas dari jaringan internet selama 24 jam. Keinginan untuk terus menerus tersambung dengan internet, membuat remaja jadi stres.

Para ahli menilai bahwa di usia remaja, otak manusia belum tumbuh sempurna, dan masih sangat peka dengan informasi dari luar. Perilaku kecanduan games meningkat, sementara orang-orang dewasa di sekeliling, seperti guru dan orang tua, tidak bisa lagi mengawasi.

Ini menimbulkan dampak buruk, yaitu stres info. Si anak menjadi cepat lelah, kurang tidur, dan timbul masalah untuk bisa membagi waktu, serta konsentrasi terganggu.

Istilah infobesitas dicetuskan pertama kali oleh Rosa-Maria Koolhoven dari kota Utrecht. Dia bekerja di sebuah biro pengamat trend remaja di Belanda.

Infobesitas, adalah trend tahun 2010.

Share this article :

2 comments:

Unknown mengatakan...

salam sahabat
wah infonya sangat relevan sekali dengan perkembangan remaja zaman sekarang thnxs n good luck ya

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

hai, tukaran link dengan PR 3 ?
nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSAN KAMIL - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger