Pengertian Secara Etimologis
Kata “manajemen” berasal dari bahasa Inggris, “management” yang berarti pengelolaan, ketatalaksanaan, dan tata pimpinan (Kamus Inggris-Indonesia, karya John M. Echols dan Hassan Shadili; 372).
Pengertian Secara Terminologis
Proses bekerja dengan dan melalui orang lain dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Sebuah proses kerja sama dua orang atau lebih dengan mendayagunakan sumber daya manusia maupun non-manusia menuju pencapaian tujuan tertentu.
Proses pendayagunaan semua sumber daya dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Proses pendayagunaan ini dilakukan melalui aktifitas Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling (Sergiovanni).
Proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi, dan penggunaan sumber daya organaisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan (Stoner).
Manfaat Manajemen
Segala sesuatu perlu diatur demi kelancaran, ketertiban, dan keteraturannya
Agar usaha-usaha yang dilakukan tidak sia-sia
Pencapaian tujuan lebih mudah dilakukan dari pada tanpa manajemen
Mencapai tujuan organisasi atau individu
Menjaga keseimbangan diantara berbagai tujuan yang berbeda/bertentangan
Mencapai efisiensi dan efektifitas
Tujuan Manajemen
Mendayagunakan semua sumber daya secara optimal, teratur, relevan, efektif, dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi.
Unsur & Aktifitas Manajemen
Unsur-unsur
Manusia,Bahan-bahan,Mesin,Metode, Uang,pasar
Aktivitas
Planning, Organizing, Coordinating, Directing, Controlling
Perkantoran
Pengertian
Adalah tempat dilakukannya kegiatan tata usaha. Umumnya kantor berada di dalam ruangan/gedung. Meskipun begitu kantor juga bisa berada di ruang terbuka.
Setiap tempat dimana biasanya pekerjaan kantor dilakukan.
Fungsi kantor
(Mills dan Standingford) :
Menerima keterangan (informasi)
Mencatat keterangan(informasi)
Mengolah keterangan(informasi)
Memberikan keterangan(informasi)
Melindungi aset (kekayaan)
Manajemen Perkantoran
Definisi
Rangkaian aktifitas perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan pekerjaan kantor serta menggerakkan mereka yang melaksanakan pekerjaan kantor tersebut untuk mencapai tujuan yang ditetapkan (George Terry).
Pengorgasasian sebuah kantor untuk mencapai suatu tujuan tertentu, untuk memanfaatkan pegawai semaksimal mungkin dengan menggunakan mesin-mesin dan perlengkapan yang paling cocok, metode-metode terbaik, dan dengan memberikan lingkungan yang sesuai (J.C. Denyer)
Penerapan fungsi-fungsi manajemen (POAC) pada kantor guna mencapai tujuan kantor, dan pegawai merasa puas (Prajudi Atmosudirdjo)
Tujuan
Mewujudkan tujuan yang ditetapkan kantor secara efisien dan efektif
Mendayagunaan seluruh sumber daya kantor secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan kantor
Menurut G. Terry:
a. memberikan semua keterangan yg lengkap dan diperlukan kepada pihak tertentu, dalam waktu tertentu, dan tempat tertentu sesuai kebutuhan perusahaan secara efisien.
b. memberikan catatan-catatan dan laporan-laporan yang cukup dengan biaya serendah-rendahnya
c. menyediakan pekerjaan tata usaha yang cermat dan membenatu memberi pelayanan pada pelanggan
d. membuat catatan makin baik dengan biaya yang makin murah.
Manfaat & Ruang Lingkup
Manfaat
Sumber daya kantor tertata rapi dan teratur
Tujuan-tujuan kantor lebih mudah direalisasikan
Menghindari terjadinya penggunaan sumber daya kantor secara tidak maksimal atau sia-sia.
Ruang lingkup
Mencakup seluruh bagian aktifitas kantor (lembaga pendidikan) yang satu sama lain saling mendukung dan terkait dalam mewujudkan tujuan tertentu. Secara umum dapat dibagi menjadi 2 bagian: Tata Usaha & Non Tata Usaha
Home »
» Pengantar Manajemen
Pengantar Manajemen
Unknown | 21.03 | 0
comments
Related posts:
If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 comments:
Posting Komentar