Home » » Pengantar Manajemen

Pengantar Manajemen

Unknown | 21.03 | 0 comments
Pengertian Secara Etimologis
 Kata “manajemen” berasal dari bahasa Inggris, “management” yang berarti pengelolaan, ketatalaksanaan, dan tata pimpinan (Kamus Inggris-Indonesia, karya John M. Echols dan Hassan Shadili; 372).

Pengertian Secara Terminologis
 Proses bekerja dengan dan melalui orang lain dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
 Sebuah proses kerja sama dua orang atau lebih dengan mendayagunakan sumber daya manusia maupun non-manusia menuju pencapaian tujuan tertentu.
 Proses pendayagunaan semua sumber daya dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Proses pendayagunaan ini dilakukan melalui aktifitas Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling (Sergiovanni).
 Proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi, dan penggunaan sumber daya organaisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan (Stoner).

Manfaat Manajemen
 Segala sesuatu perlu diatur demi kelancaran, ketertiban, dan keteraturannya
 Agar usaha-usaha yang dilakukan tidak sia-sia
 Pencapaian tujuan lebih mudah dilakukan dari pada tanpa manajemen
 Mencapai tujuan organisasi atau individu
 Menjaga keseimbangan diantara berbagai tujuan yang berbeda/bertentangan
 Mencapai efisiensi dan efektifitas

Tujuan Manajemen
 Mendayagunakan semua sumber daya secara optimal, teratur, relevan, efektif, dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi.

Unsur & Aktifitas Manajemen

Unsur-unsur
 Manusia,Bahan-bahan,Mesin,Metode, Uang,pasar

Aktivitas
 Planning, Organizing, Coordinating, Directing, Controlling

Perkantoran

Pengertian
 Adalah tempat dilakukannya kegiatan tata usaha. Umumnya kantor berada di dalam ruangan/gedung. Meskipun begitu kantor juga bisa berada di ruang terbuka.
 Setiap tempat dimana biasanya pekerjaan kantor dilakukan.
Fungsi kantor
(Mills dan Standingford) :

 Menerima keterangan (informasi)
 Mencatat keterangan(informasi)
 Mengolah keterangan(informasi)
 Memberikan keterangan(informasi)
 Melindungi aset (kekayaan)

Manajemen Perkantoran

Definisi
 Rangkaian aktifitas perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan pekerjaan kantor serta menggerakkan mereka yang melaksanakan pekerjaan kantor tersebut untuk mencapai tujuan yang ditetapkan (George Terry).
 Pengorgasasian sebuah kantor untuk mencapai suatu tujuan tertentu, untuk memanfaatkan pegawai semaksimal mungkin dengan menggunakan mesin-mesin dan perlengkapan yang paling cocok, metode-metode terbaik, dan dengan memberikan lingkungan yang sesuai (J.C. Denyer)
 Penerapan fungsi-fungsi manajemen (POAC) pada kantor guna mencapai tujuan kantor, dan pegawai merasa puas (Prajudi Atmosudirdjo)

Tujuan

 Mewujudkan tujuan yang ditetapkan kantor secara efisien dan efektif
 Mendayagunaan seluruh sumber daya kantor secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan kantor
 Menurut G. Terry:
a. memberikan semua keterangan yg lengkap dan diperlukan kepada pihak tertentu, dalam waktu tertentu, dan tempat tertentu sesuai kebutuhan perusahaan secara efisien.
b. memberikan catatan-catatan dan laporan-laporan yang cukup dengan biaya serendah-rendahnya
c. menyediakan pekerjaan tata usaha yang cermat dan membenatu memberi pelayanan pada pelanggan
d. membuat catatan makin baik dengan biaya yang makin murah.

Manfaat & Ruang Lingkup

Manfaat
 Sumber daya kantor tertata rapi dan teratur
 Tujuan-tujuan kantor lebih mudah direalisasikan
 Menghindari terjadinya penggunaan sumber daya kantor secara tidak maksimal atau sia-sia.

Ruang lingkup
 Mencakup seluruh bagian aktifitas kantor (lembaga pendidikan) yang satu sama lain saling mendukung dan terkait dalam mewujudkan tujuan tertentu. Secara umum dapat dibagi menjadi 2 bagian: Tata Usaha & Non Tata Usaha
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSAN KAMIL - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger